Penerjemah Bahasa Indonesia-Sunda

Setelah beberapa lama berpetualang, ketemu satu web yang menurut saya cukup bagus, bisa menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa Sunda.

Tampilannya kaya’ gini,,

fungsinya, bisa menerjemahkan isi situs atau teks berbahasa Indonesia menjadi bahasa Sunda. Sayangnya, masih versi Beta, jadi cuma beberapa kata saja yang sudah ada kamusnya. Itu pun hanya bahasa baku saja yang terterjemahkan.

Coba saja lihat potongan posting saya,
sebelum diterjemahkan:

Jadi ingat setahun yang lalu, di tempat yang sama, di hari yang sama (Jumat, bukan 12 September…). Di selasar CC waktu itu banyak banget orang-orang (temen-temen sefakultas sih kebanyakan…) yang duduk-duduk di sana. Entah itu main kartu, ngerjain tugas, ngobrol, nunggu Jumatan, atau kumpul-kumpul ga jelas. Yang jelas, waktu itu yang namanya selasar CC bener-bener rame, (atau cuma perasaan saya aja yah??).

sesudah diterjemahkan:

Jadi inget sataun anu tuluy, di tempat anu sarua, di poé anu sarua (Jumaah, lain 12 Séptember…). Di selasar CC waktu éta réa pisan jalma-jalma (temen-temen safakultas da lolobana…) anu diuk-diuk di ditu. Teuing éta ulin kartu, ngerjain pancén, ngobrol, nunggu Jumaahan, atawa riung-riung ga écés. Anu écés, waktu éta anu ngaranna selasar CC bener-bener ramé, (atawa ngan rarasaan kuring waé yah??).

Ngeliat bahasanya yang aneh (campuran bahasa Indonesia dan Sunda), saya jadi senyum-senyum sendiri…
Dan sebagai orang Sunda juga, saya jadi ingin ikut mengembangkan,,

yu ah,,

About these ads

40 gagasan untuk “Penerjemah Bahasa Indonesia-Sunda

  1. Tentang Wayang Golek

    Wayang golek atau disebut “golek” saja, merupakan salah satu jenis tradisi yang hingga sekarang masih tetap bertahan hidup di daerah Sunda. Berbeda dari wayang kulit yang dwimatra, golek adalah salah satu jenis wayang trimatra.

    Golek memiliki sifat pejal. Ia merupakan boneka tiruan rupa manusia (ikonografi), yang dibuat dari bahan kayu bulat torak untuk mempertunjukkan sebuah lakon.

    Ada 2 macam wayang golek di daerah Sunda, yaitu wayang golek papak (cepak atau wayang golek menak dan wayang golek purwa. Wayang golek yang banyak dikenal orang adalah wayang golek purwa. Sama seperti wayang kulit, pementasan wayang golek purwa menampilkan cerita Ramayana dan Mahabharata.

    Apa itu Wayang?

    Wayang merupakan salah satu puncak seni budaya bangsa Indonesia yang paling menonjol di antara banyak karya budaya lainnya. Budaya wayang sendiri meliputi seni peran, seni suara, seni musik, seni tutur, seni sasra, seni lukis, seni pahat dan juga seni perlambang.

    Menurut penelitian ahli sejarah, sebetulnya budaya wayang merupakan budaya asli Indonesia yang sudah ada jauh sebelum agama Hindu masuk ke pulau Jawa. Memang, cerita wayang yang populer saat ini merupakan adaptasi cerita dari karya sasra India, yaitu Ramayana dan Mahabrata. Tetapi sudah mengalami adaptasi untuk menyesuaikan dengan falsafah asli Indonesia.

    Pengertian wayang sangat tergantung dari sudut pandang orang yang melihatnya. Kata wayang dapat diartikan secara luas, tetapi seringkali dibatasi dengan makna boneka, gambar, tiruan dari manusia, tokoh/pemain dalam suatu pertunjukan/sandiwara. Arti ini mirip dengan yang ada dalam Kamus Umum Bahasa Sunda, yaitu wayang adalah boneka atau penjelmaan dari manusia yang terbuat dari kulit atau pun kayu. Namun ada juga yang mengartikan bahwa perkataan wayang berasal dari bahasa Jawa, yang artinya perwajahan yang mengandung penerangan.

  2. huoo,, maaf saya baru membuka ini lagi
    sampai saat ini saya juga belum menemukan penerjemah sunda -> indonesia..
    mungkin ada yang mau mengembangkan? agak susah di kosakatanya..hehe

  3. bang kalau buat kamus kyak gt tp bahasanya jawa cra ngimport data base bahasa nya gimana y,.,.,.,.,.,udah aq coba berkali-kali tp g bs d terjemah int

    tolog bantuannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s